yonni’s electronics repairer

Electronics service repairer just for living

His story

Thomas alva edison

Sayangnya……..!!!….

Thomas Edison tidak hadir dunia modern…. !!!, Ia hanya figur pencipta penting di organisasi dan penumbuh pasar modal nasional America, communications power systems, dan industri pertunjukan. Seratus lima puluh tahun setelah kelahirannya dan 66 tahun setelah kematiannya namanya mewakili kreativitas berdayacipta dan lampu listrik adalah lambang gagasan cerdasnya atau sebagai pemasang iklan dan seniman kartun yang tercinta. Daftar Hak Patennya sampai 1,093 U.S, yang tidak tertandingi oleh pencipta manapun. Ini merupakan bakatnya sebagai pencipta, pelaku bisnis dan orang terus berpikir bahwa kita masih berhutang budi pada gagasannya.

Rahasia apa yang Edison yang buat sehingga sangat luar biasa sukses? Ia terhitung perencana yang brilian, walau ada banyak pencipta pandai di jaman itu dan kebanyakan dilupakan: Elisha Gray dan George Phelps di dalam teknik telegrafi, Emile Berliner di teknik teleponi dan alat perekam, Edward Weston di teknik instrumentasi elektrik, Elihu Thomson, FrankSprague dan Nikola Tesla di teknik daya listrik dan pencahayaan. Kemashyuran Edison lebih bersinar cemerlang dari mereka dan diterima di semua masyarakat luas. Ia meluaskan penemuan jauh lebih dari sekedar perwujudan gagasan. Visinya meliputi apa yang disebut sebagai innovasi, riset, pengembangan, dan komersialisasi di abad duapuluh . Lebih dari itu ia mengkombinasikan kreativitas yang sangat banyak dengan pengertian cerdik lantas munculah pengaruh populer dan itulah kunci rahasia historisnya.

Kita dapat melihat yayasan yang sukses masa mudanya di awal karier. Cerita hidupnya berawal dari kemalangan, Tetapi bukti menunjukannya sebagai anak laki-laki di dalam lingkungan yang membuatnya cerdas. Masa kanak-kanaknya di Kota Milan, Ohio pada 11 Pebruari 1847 dan Port Huron, Michigan, di mana keluarganya sering pindah-pindah sampai tahun 1854 dan kota tersebut terkenal dengan perdagangan dan industri dimana Edison berhasil menyerap kultur montir dan tempat kerja perbengkelan.

Ibunya Nancy mengajar di sekolah-sekolah sedangkan bapaknya Samuel adalah seorang pemikir dan politikus yang memiliki perpustakaan dan selalu dibaca oleh Edison. Ia sekolah singkat dalam dua periode di Port Huron tetapi sebagian besar diajar di rumah oleh ibu nya. ” Ibuku mengajar aku bagaimana cara membaca buku baik dengan cepat dan dengan tepat,” ia mengatakan kemudian, ” dan ini membuka dunia literatur yang besar, aku selalu berterimakasih untuk pelatihan awal ini.” Pada waktu yang sama ia belajar menjadi spekulan usahawan dari bakat karier bapaknya dimana membuat perkebunan sayuran. Atribut usahawan berasal dari bapaknya berlaku bagi Edison: ” Suatu prospek bisnis selalu terlihat pada sisi yang terang di pelbagai macam hal” dan ” penuh dengan spekulasi yang penuh harapan seperti proyek apapun yang ada di kepala.”

Dikenal sebagai ‘Al’ di masa mudanya, pekerjaan pertamanya hanyalah membantu di perkebunan keluarga. Tetapi katanya ” Mencangkul jagung di terik matahari yang panas tidak ada jeleknya,” Ia lantas menemukan kesempatan pekerjaan lain. Di akhir 1859 tatkala Jalan kereta api dari Grand Trunk telah diperluas sampai Port Huron ke Detroit, Edison menemukan pekerjaan sebagai “penjagal gula-gula,” yaitu menjual gula-gula atau surat kabar. Oleh karena bakatnya yang bersifat usahawan. Caranya Ia mempekerjakan anak-anak lelaki untuk menjual sayur-mayur dan surat kabar di Port Huron lantas menulis, mencetak, dan menjual surat kabarnya sendiri di atas kereta api.

Tatkala Perang Saudara sedang berkecamuk,…. ketika pertempuran dari Shiloh dilaporkan oleh Detroit Free Press, editorial Edison memberi salinan ke dalam ekstra kopi dan kemudian menampilkan berita telegrafi di halaman depan di semua perhentian kereta. Permintaan dokumen macam itu sangat besar dan dengan segera ia meningkatkan dan menetapkan harga pada masing-masing setasiun, menjual semua dokumen yang ada dengan laba yang besar. Telah jelas Al muda telah mempelajari pelajaran yang sangat berharga tentang ‘power’ telegrafi dan penerbitan.

Edison melanjutkan pendidikan aktifnya di atas kereta api. Ia membaca ilmu kimia di Perpustakan Detroit, negara selama singgah. Sehari-harinya ia tekun mengadakan percobaan yang dilakukan di bagasi dan mempelajari teknik dasar telegrafi. Ketika ia berusia 15 tahun menolong anak kecil yang baru belajar jalan, anak dari James Mackenzie, pria operator telegrap dari gerbong sepur, dan oleh Mackenzie dia dihadiahi dengan memberi Al pelajaran telegrafi. Setelah praktek secara intensif di musim panas, Edison mengambil pekerjaan telegrafi part-time di Port Huron.

Di dalam satu tahun Edison telah naik pangkat sebagai operator telegrap yang tugasnya berkeliling, Ini adalah sejarah yang layak dianut oleh banyak pemuda ambisius, yang secara teknis harus diorientasikan. Selama tahun itu ia mengedepankan profesi operator medan telegrap, menjadi tenaga ahli juru tulis yang cepat dan bersih. Ia bergabung dengan operator press-wire pilihan yaitu orang-orang yang menangani pengiriman berita penting dan perjalanan panjang,. Ia berhubungan dengan wartawan dan para editor, sering menyambungkan percakapan kantor mereka di pagi hari benar. Sebagian dari operator pengikutnya kemudian menjadi wartawan surat kabar, dan beberapa dari mereka membantu mendorong public image Edison. Edison bekerja lancar di banyak kota yang lebih besar dari Midwest yaitu pusat kota politis dan komersil. Ia membaca literatur ilmiah dan teknik telegraf secara berkala dari Riset percobaan Michael faraday dalam hal Listrik dan ia pindah ke atmospir kemajuan yang berdayacipta di mana gagasan dan alat baru telah dibahas dan dicoba.

Seperti semua operator, Edison harus lebih dulu memelihara instrumennya dan baterei yang bertenaga mesin. Ia belajar dan memikirkan jalan untuk meningkatkannya, kemudian mengadakan percobaan dengan instrumen yang terbuang. Ia membeli mesin bubut kecil dan beberapa perkakas lain. Pada tahun 1867, ia secara menyeluruh terbiasa dengan ilmu pengetahuan, telegrafi dan mulai belajar mengenai seni penemuan. Suatu pesan dari seorang teman operator membujuk Edison untuk bepergian ke Boston di awal 1868 di mana ia mengambil pekerjaan di Western Union. Di Boston yang dilihat untuk pertama kali adalah komunitas masyarakat telegrafi : sebagai operator yang tidak hanya ahli, tetapi dapat mencipta, pabrikasi dengan mekanika yang bersifat uji coba, pejabat industri penting, dan kapitalis yang mencipta dengan penemuan-penemuan penting. Edison melewatkan satu tahun di Western Union. Selama itu dia diilhami oleh aktivitas dan potensi lingkungan nya, ia bekerja lebih dari setengah lusin alat telegraf. Ia menemukan mekanika dan keuangan mampu membantu merealisir gagasannya. Ia memperoleh ruang kerja di bengkel Charles Williams, seorang pabrikan telegraf terkemuka yang memiliki fasilitas laboratorium Moses sebagai pencipta elektrik terkemuka. Edison menggunakan dua hak paten yang sukses membuat alat perekam pada badan undang-undang dan tidak menjualnya. Pada 30Januari 1869, lima hari setelah menandatangani permohonan paten, Edison berhenti sebagai operator untuk ” mempersembahkan waktunya kepada penemuannya.”

Dalam rangka menguji salah satu dari penemuan ” pemancar ganda” dia mengirimkan dua pesan telegraf yang bersamaan pada seutas kawat tunggal, tak lama Edison menempuh perjalanan ke Kota New York di musim semi 1869. Di sana ia menemukan para tokoh alat industri telegraf.

Western Union kantor pusatnya di Manhattan dimana para pengacara, pemilik bank, dan pencipta berkumpul di pusat bisnis kota itu. Edison berjumpa dengan Franklin pope, insinyur telegraf yang terkemuka dan segera membentuk partnership. Mereka membentuk tiga bisnis yang sukses yang didasarkan pada rangkaian pencetak telegraf di pusat teknologi distribusi informasi. Setelah lewat sembilan bulan Edison berhasil meyakinkan prinsip dan penuh perjuangan pada Western Union dan Gold and Stock Telegraph company akhirnya mereka mengikat kontrak tidak hanya pada sistim percetakan telegrafi terbaru tapi pada sistim facsimili (bayangkan…! Ditahun itu sudah ada gagasan faksimili!).

Dengan modal dari kontrak itu Edison dan mekaniknya William Unger membuka usaha pabrik alat telegrafi kecil di Newark, New Jersey. Di saat yang sama Edison tidak ada hentinya berdayacipta. Ketika ia tiba di New York ia menulis kepada Boston Capital, ” Apa yang ada di sini sedang menunggu perubahan instrumenku karena menimbun pekerjaan instrumen yang tertunda.” Ia tidak akan menunggu lagi jika ia bisa membantu.

Kunci lain pekerjaan Edison adalah kecenderungannya untuk merealisasikan beberapa buah proyek dengan segera. Di tahun 1870 sebagai tambahan nilai terhadap telegraf reproduksi dan percetakan ia mulai bekerja pada telegrafi otomatis, suatu sistem kecepatan tinggi yang menggunakan pita kertas dengan penerima dan pemancar mekanis yang diharapkan bersaing dengan standard Kode Morse telegrafi dari Perserikatan Western Union. Ia tidak pernah mengabdikan perhatiannya persis sama benar dengan proyek tunggal sepanjang pekerjaan yang paling intensive pada lampu penerangan elektrik terkait permasalahan, ia mengembangkan juga penerima telepon baru. Satu hasil aktivitas multidirectednya adalah gagasan komunikasi silang dan pengertian yang mendalam. Alat dan metoda Edison dicoba di satu riset pihak lain. Sering konsep yang diimport ini datang dari bulan atau tahun yang lebih awal, beberapa yang telah yang dikerjakan di konteks yang lain. Itu adalah gaya bekerja dan pemikiran yang disokong sebagian besar dari kemampuan Edison untuk memukan solusi di mana orang lain belum siap memukan apa-apa!.

Sepanjang pertengahan tahun 1870, Edison metetapkan dirinya sebagai pencipta telegraf yang terkemuka di Amerika. Beberapa perusahaan lain juga ikut bersaing. Di Oktober 1870 didukung oleh kelompok pemberi modal membentuk Perusahaan Telegraf otomatis, Edison mendirikan Telegrafi Amerika yang dilengkapi dengan alat-alat bermesin baru dan mekanika yang sangat trampil. Berikutnya ia menjadi ‘konsultan Electrician dan Petugas mekanik di Gold and Stock. Musim gugur 1873, perjalanannya hingga Inggris untuk mempromosikan sistim telepon otomatiknya di sana. Ia menjual Kongsi hak-hak sistem untuk Britania raya. Di bawah pengaturan lisan William Orton Presiden Western Union ia mengembangkan berbagai sistem telegrafi di tahun 1873 dan 1874. Kemudian di tahun 1875 ia disokong oleh pemberi modal usaha lain yaitu : Jay Gould untuk membangun jaringan baru ke Western Union. Satu tahun setelah sukses dengan pengembangan telegraf : quadruplex ( four-message) di tahun 1874, ia menyetujui kontrak dengan Western Union yang menugaskan semua pekerjaan dalam berbagai perusahaan telegrafi. Tahun 1875 agen kredit nasional melaporkan, R. G. Dun & Co., yang mencerminkan konsensus dari industri telegraf ketika itu dan memanggilnya ” Si genius di bidang ini.” Kemudian Orton dan Marshall Lefferts, presiden Gold and Stock mendukung usaha Edison selama tahun itu. Tidak hanya melakukan dukungan pekerjaan perusahaan yang berdayacipta rumit tetapi bertindak sebagai penasihat penting bagi pencipta muda itu. Lefferts mengajari bagaimana pelajaran yang penting tentang sistem hak paten dan peran dari hak paten sebagai alat bisnis.

Patent gaya Edison ” Cover the fields” dipelajari oleh Lefferts mengikuti kebijakannya sebagai presiden Gold and Stock. Lefferts & Edison diperkenalkan oleh Lemuel Serrell, pengacara hak paten terkemuka dengan Edison dikerjakan untuk dekade dan dari siapa ia mempelajari pentingnya pemeliharaan ” record yang penuh” dari ” semua penemuan yang baru.” Lefferts juga bertanggung jawab kepada Edison sebagai investor telegraf otomatis. Orton menjaga penemuan Edison sebagai bakat yang berdayacipta. Bahkan setelah diganggu oleh Jay Gould .Tinggalah si juara Edison melawan kecemburuan yang pantas untuk dipertimbangkan oleh insinyur listrik di Western Union .

Lefferts meninggal ditahun 1876. Ketika Orton meninggal ditahun 1878 Edison berkata : ” aku mengenal dua laki-laki yang cepat pergi duluan deh!… Lefferts pergi dulu, dan sekarang Orton pergi menyusul juga.!!.”

Karakter Edison menunjukkan hubungan bekerja di laboratorium dalam kedua perkawinannya. Suatu bisnis berspekulasi pada penghujung 1871 adalah kesempatannya untuk bertemu dengan Mary Stilwell, salah seorang karyawannya yang berusia 16 dan dinikahi dua bulan kemudian di Hari Natal.

Awal Pebruari ia cukup disusahkan dalam buku catatan laboratoriumnya, ” Mrs Mary Edison isteriku Yang sangat Terkasih menemukan suatu Kutukan!!” dan ( pada Hari valentine atau sekurang-kurangnya), dia bilang ” Popsy Wopsy Isteriku Tidak bisa mengerti kutukan .” Buku catatan laboratorium ini adalah satu-satunya statemen mengenai Mary sampai kematiannya duabelas tahun kemudian, kecuali jika gelar bangsawan dicoret dimana ” Stilwell” menjadi ” Stillsick,” yang mungkin ditafsirkan sebagai kesehatan yang terus meningkat bagus seperti yang diharapkanya (Isterinya sakit-sakitan melulu). Bagaimanapun juga ia telah mengabdikan diri pada Mary sebagai penyebab kesusahannya diterangi oleh cara yang sangat berbeda di mana di detik-detik terakhir sang isteri ia selalu bersama seperti yang ditulis di dalam buku hariannya.

Kemudian dia menikahi Mina Miller, putri yang berpendidikan dari suatu keluarga berbudaya, dan pada bulan madu mereka di tahun 1886 dia menulis sejumlah buku harian sebagai saksi. Di bulan berikutnya dia mencatat hasil uji lampu di laboratoriumnya. Walaupun dia tidak berhasil mengembangkan apapun, dia kelihatannya bisa ” menemukan suatu yang berharga sebagai Kutukan.” Ini tidak mencegah Edison dari kerinduan jauh dari anak-anaknya sebagai hadiah perkawinan pertamanya. Meskipun demikian ia tetap menenteramkan hatinya, ” Kamu ,…anak-anakku dan Laboratoriumku adalah semua hidupku dan aku tidak mempunyai hal yang lain lagi.”

Pada penghujung 1875, sebagai tuntutan perkara yang dibawa oleh tuan tanah Newark, Edison membeli tanah pedesaan di Taman Menlo, New Jersey di mana di bulan berikutnya bapaknya sendiri yang mengawasi konstruksi bangunan Edison yang mengajarinya sebagai seorang penemu. Pelajaran rumit adalah pentingnya sebuah laboratorium yang bersifat percobaan setelah gagal dalam perjalanan 1873 nya ke Inggris. Di sana ia terlihat sensitip, instrumen ilmiah Eropa juga telah menemukan permasalahan khususnya kapasitansi kabel dibawah permukaan laut dan kesukaran merekam isyarat yang cepat dari penampilan telegrafi otomatis itu memerlukan riset yang sistematis dalam ilmu listrik dan ilmu kimia. Pada hasil perjalanannya ia menyediakan laboratorium dalam bengkelnya di mana ia mempunyai angan-angan ” tiap-tiap variasi yang dapat dikayalkan dari Piranti elektrik dan kwantitas apapun dari Bahan-Kimia untuk percobaan.” Rumah tingkat paling atas gedung Menlo Park adalah versi laboratoriumnya yang pertama. Lantai pertama adalah suatu bengkel yang hebat dengan alat-alat mesin berpresisi bagus, walaupun sistim telepon otomatiknya akhirnya gagal menggantikan Kode Morse Telegraf, Edison yang telah menjaga semua mesin. Bengkel Edison juga menghasilkan inti ahli mesin dan experimenters yang menggabungkan Edison dan Menlo Park, mereka adalah : Charles Batchelor, John Kruesi, John Fred Ott, Charles Wurth, dan James Adams.

Bersama-Sama di bengkel, laboratorium dan staff membuat fasilitas yang tak ada bandingnya bagi dunia penemuan, di mana selama 29 tahun Edison bekerja telah meraih seratus U.S. Hak Paten, memang usahanya direncanakan untuk menghasilkan ” suatu penemuan pelengkap tiap sepuluh hari dan suatu hal yang besar tiap-tiap enam bulan.”. (Hadow…!!..gilee bener !!..).

Kebanyakan pekerjaan tahun pertama di Menlo Park berpusat pada berbagai sistem telegrafi untuk Western Union. Pada bulan Januari 1877 Edison mengusulkan kepada Presiden Orton bahwa perusahaan mendukung bengkel dengan gaji mingguan dari $ 100 di bulan Maret yang mereka tandatangani sebagai persetujuan Western Union sebagai hak untuk semua penemuan telegraf Edison menjadi $ 100 perminggu untuk biaya laboratorium. Dalam Permintaan Western Union, Edison dan staffnya telah menarik perhatian mereka bahwa telegraphi Alexander Graham Bell telah berhasil di bulan Juni sebelumnya. Penemuan bell meskipun memancarkan suara dengan jelas terlalu lemah untuk digunakan pada kenyataannya di lingkungan yang berkenaan dengan tata kota secara elektris dalam jarak apapun. Edison mengambil langkah pendekatan yang berbeda bagi permasalahan penangkapan suara itu, ” Bel,” ia berkata, ” telah melampauiku dengan membentur prinsip aplikasi yang gampang sedangkan aku menjadi lambat dan berat sepanjang mengoreksi prinsip hanyalah lebih keras dari pada aplikasi.” Seperti Ketika] berbagai riset telegrafku batal ”, riset telepon Edison yang diintensifkan kembali kemudian dan memuncak di tahun 1878 dalam salah satu dari produk paling kronisnya yaitu pemancar yang telah digunakan hampir suatu abad. Pemancar itu dibuat dengan tombol karbon ukuran kecil, suatu kejadian yang patut dicontoh dari kemampuan Edison untuk berhasil dari suatu kegagalan. Di tahun 1873, selagi berusaha untuk memahami kehalusan kabel telegrafi, ia memikirkan dan membangun suatu bangku tahanan high-resistance yang dibuat dari carbonfilled tabung kaca. Sayangnya ia menemukan bahwa karbon memproduksi noise dan bangku tahanan sia-sia saja untuk eksperimen kabel telegram. Tentu saja hal itu telah mencuri duabelas bulan dari pekerjaan beratnya untuk membuat instrumen yang praktis. Sedang dalam proses terhadap pekerjaan teleponnya, Edison dikejutkan dengan penemuan yang membawa dia pada alat gramafon dimana Telepon yang pada awalnya dirasa sebagai instrumen yang digunakan oleh perusahaan telegraf untuk memancarkan pesan antara operator telah mencatat kerugian yang tak tertulis. Percakapan terlalu cepat untuk dituliskan, maka Edison memiikirkan suatu cara untuk merekam getaran instrumen penerima. Membiarkannya untuk dimainkan kembali dan menuliskannya. Hanya setelah penulisan gagasan ini di dalam buku hariannya ia dan staffnya menyadari bahwa ia telah menemukan suatu cara untuk merekam tidak hanya suatu pesan telepon tetapi sebagai bunyi. ‘Tekanan’ pekerjaan telepon membuat mereka mengembangkan gramafon selama lima bulan tetapi baru di awal Desember 1877 mereka berhasil mempertunjukkan karya mereka di kantor ilmiah Kota New York, Amerika.

Walaupun Edison dan beberapa pialang saham membentuk perusahaan untuk memanfaatkan keajaiban baru, ia tidak mampu mengubah bentuk mesin awal ke dalam suatu produk komersil ( sepuluh tahun kemudian baru berhasil memulai industri perekam). Gramafon Edison dengan segera populer dalam Celebrity internasional Menlo Park. Keakrabannya dengan press dan hubungannya dengan wartawan memungkinkan dia lebih masyhur.

Proyek Edison berikutnya diluncurkan di tahun 1878 dengan segala yang telah ia pelajari dalam penemuannya. Ciptaannya adalah penerangan elektrik dan Power system yang menggantikan lampu penerangan gas, akhirnya memerlukan dukungan keuangan, dari banyak regu peneliti, laboratorium yang diperluas dan fasilitas bengkel, manufakturing sekala besar dan organisasi pemasaran. Di pusat dari semua aktivitas yang dikerjakan ini Edison dengan gugup memecahkan permasalahan antara bahan-bahan, kawat pijar dan mendisain dinamo ke strategi pemasaran dan merekrut opini publik. Pekerjaan itu mengubah pandangan Menlo Park. Edison menyewa peneliti ilmiah yang mendapat pendidikan di perguruan tinggi seperti Francis Upton dan Otto Moses, meningkatkan staff bengkel dan pabrik-pabrik yang dibangun. Dengan fokus di tahun 1881 Edison menggeser riset dan pengembangan menjadi pabrik produksi, memasarkan, dan menginstalasi dan bergerak di markas besarnya di Kota New York. Walaupun membuat lampu dan beberapa riset terus berlanjut di Menlo Park, dalam dua tahun Edison meninggalkan ciri aslinya sebagai ” pabrik penemu.” Terutama berspekulasi pada lampu penerangan elektrik adalah pokok dari kontroversinya. Orang Lain telah mencoba lantas gagal dan masyarakat teknik ilmiah telah frustasi atas prospeknya. Meskipun reputasinya demikian hebat, bersama John Tyndall, Ilmuwan Britania raya tetap memberi kuliah pada Institusi kerajaan London di awal 1879.

Edison mempunyai penetrasi untuk menangkap hubungan dari fakta dan prinsip seni untuk kombinasi konkrit. Karenanya meskipun demikian ia tidak memenuhi apapun yang baru dalam hubungan dengan penerangan elektrik, suatu pernyataan tak setuju dari akuntan seperti kemampuannya untuk memecahkan masalah yang rumit… akan bersifat tak beralasan…. Mengetahui masalah praktis pasti melihat dari dalam Edison.

Dengan instalasi penerangan lampu yang sukses dan power pertamanya pada awal 1880, Edison berbuat sesuai dengan reputasi nya sebagai sang ” Pencipta Zaman..!!!.”

Karena Edison beberapa tahun tidak punya laboratorium pusat. Ia menyelenggarakan riset pada bengkel pabrikasi elektriknya di New York dan Harrison, New Jersey. Mary meninggal di tahun 1884 dan ia sedikit tertunda dari pekerjaannya sebagai ahli elektrik, tetapi setelah perkawinan 1886 dengan Mina Miller ia kembali eksis ke riset yang full-time. Di tahun 1887 ia telah memutuskan untuk membangun fasilitas baru dekat rumah nya di West Orange, New Jersey yang beberapa kali lebih besar dibanding Laboratorium Menlo Park. Edison dengan segala laboratorium yang baru telah mempelajari tentang proses penemuan. Kemudian ia menulis,

Aku sudah jauh lebih baik memperlengkapi Laboratorium yang paling besar yang pernah ada, dan fasilitas ini tidak terbandingkan daripada cepat menemukan penemuan aktif atas dasar komersil dengan permesinan khusus. Sesungguhnya tidak ada institusi serupa yang pernah ada.

Di awal tahun kompleks itulah baru bertindak sebagai pusat riset dan pengembangan perusahaan penerangan lampu elektrik. Tetapi Edison juga melihat laboratorium baru sebagai tempat untuk menemukan produk yang lain. Lebih dulu berproduksi yang penting penelitian pengembangan gramafon lebih ditingkatkan. Dihimbau oleh Alexander Graham Volta bel Edison melakukan kerja riset yang sangat menguras fikiran selama beberapa bulan ketika laboratorium yang baru dibuka pada bulanNovember 1887. Edison membiayai spekulasi ini sebagian besar sendiri. Setelah tahun konflik yang besar dengan pemberian modal untuk para manajer di bisnis penerangan elektrik Edison tidak lagi ingin memberi kendali orang luar dari afairnya. Bagaimanapun juga dengan uangnya ia mengikat industri elektrik, ia tidak mampu menjual gramafon untuk dijual, dan terpaksa menjual pemasarannya. Setelah ia meninggalkan bisnis elektrik di tahun 1892 menggabungkan perusahaannya dengan General Electric, ia mempunyai sumber daya pribadi untuk mempertahankan hak kepemilikan pengendalian dalam teknologi barunya.

Di dua dekade pembukaan laboratorium barunya Edison mengejar beberapa proyek yang besar. Sampai 1890 banyak dari waktunya telah dibelanjakan pada pekerjaan tambang besi di New Jersey utara dimana ia menggunakan teknologi one-separation untuk bijih tambang nilai rendah ke dalam bentuk bongkah berkualitas tinggi yang bagus untuk pembuatan baja. Pada awal penjualan ia dibiayai oleh Bursa General electric, hingga Edison memperoleh laba dari dua industri barunya untuk membeli kembali bisnis gramafon dan Motion pictures seharga $ 2.5 juta dari uang miliknya.( Ck…ck..ck…Ia memang tidak pernah kehabisan akal)

Ketika berhadapan dengan bijih dari Lake Superior Iron padahal telah ditemukan spekulasi di akhir abad sebenarnya telah gagal, Edison adalah karakter riang penuh harapan. Satu tahun kemudian meroket dinilai bursa dan ia segera menjualnya. Ia menjawab, ” Baiklah..!!, habislah semuanya, tetapi setidaknya kita punya neraka di waktu luang.” Edison menemukan Industri gambar hidup Amerika di pertengahan 1890 ketika ia dan W. K. L. Dickson mengembangkan kamera dan pameran lewat gambar ” kinetoscope” untuk melihat film. Bagaimanapun juga Edison telah terlibat di bisnis penemuan itu di luar namanya sebagai perusahaan produksi dan mengambil bagian dalam pertempuran hak paten yang panjang. Ia juga terlibat pertarungan sengit dalam industri rekaman. Di tahun 1878 ia telah mengumumkan gramafon ” bayi” yang ia harapkan ” untuk tumbuh hingga jadi besar dan mendukungnya seiring dengan umurnya,” dan itu sebenarnya sedang telah dilakukan. Setelah ia dan para staffnya ngebut menyempurnakan metoda menyalin arsip di peralihan abad bisnis yang menjamur dengan nama perusahaan Edison, akhirnya tumbuh menjadi pelopor.

Ia menggunakan pendapatan itu untuk membiayai dua inovasi yang lain: suatu proses pabrikasi semen, yang memperkenalkan inovasi wide industry penting walaupun keuangan perusahaan sendiri tidaklah sukses sampai tahun 1920 dan pembuatan aki mula-mula diharapkan untuk menggerakkan mobil elektris tetapi ia menemukan aplikasi yang lebih luas untuk berbagai tujuan industri dan menjadi arus utama yang sangat menguntungkan bagi bisnis Edison dalam beberapa tahun kemudian.

Di tahun 1907, di hari lahirnya yang keenampuluh, Edison mengumumkan niatnya untuk ” menyerahkan semua hasil akhir utnuk tujuan komersil… dan mencatatnya sebagai ilmuwan.” Kesehatannya tidaklah begitu baik, dan ia ingin sisa waktunya untuk menyelidiki sebagian yang ia telah temukan dari tahun ke tahun. Walaupun ia telah mengundurkan diri dari bisnis inovasi, ia tetap bekerja terus mengembangkan gramafon dan terlibat dalam kampanye daya cipta yang terakhir kali untuk menghasilkan gramafon cakram dan alat perekam untuk bertarung dengan produksi perusahaan Victor Talking Machine Company dan tetap mempertahankan reputasi Edison sebagai pemimpin industri.

Di tahun 1899 ia telah menulis bahwa “Jangan main main dengan hasil karyaku dan menjiplaknya, aku telah menemukan sendiri dan akulah yang harus memimpinnya.” Setelah konsolidasi dengan berbagai perusahaan ke dalam Thomas A. Edison, Inc., di tahun 1911, semua bisnis gramafon adalah bagian dari perusahaannya di mana ia selalu dilibatkan. Di semua even harus dipilih misalnya dari semua jenis musik dan jenis seniman untuk direkam harus ada di gramafon Edison.!!!, suatu kebijakan yang sungguh-sungguh celaka. Untung Kekayaan dari bisnis gramafon merosot dengan mantap sampai akhirnya dikalahkan di tahun 1929.

Sukses atau kegagalan dari efek spekulasi Edison tetap pada statusnya sebagai Legenda hidup Amerika. Dari pembentukan Perusahaan Gramafon Edison di tahun 1878, tiap-tiap bisnis yang berhubungan dengan gramaphone harus atas lisensi atau setidaknya mencantumkan namanya (Microsoft mirip-mirip begitu ya?). Itu bukan sekedar ego Edison menjual namanya atau hampir apapun, dan itu sering digunakan secara tidak sah oleh orang yang lain. Bertahan di dua dekade hidupnya ia menjadi inventor-philosopher. Wartawan mencari tahu pendapatnya pada semua pokok, dari peran penemuannya di Peperangan yang besar dan teknologi masa depan ke pertanyaan diet dan keberadaan Tuhan.

Sekretaris Angkatan Laut bersantap bersama di tahun 1915 untuk meninjau ulang penemuan dan disampaikan sebagai pertahanan bangsa dan Edison menyelenggarakan riset pertahanan miliknya setelah Amerika masuk ke kancah peperangan. Ia menerima medali khusus dan dekat dengan presiden. Di tahun 1929 di hari ultah yang ke limapuluh penemuan lampu listrik, Henry Ford menjadwalkan suatu upacara yang dihadiri oleh Presiden dan Mrs. Hoover dalam siaran langsung dari seberang negeri itu. Pada kematian Edison di tahun 1931 presiden memberi penghargaan pahlawan nasional.

Edison hidup dalam separuh dari hidupnya sebagai penemu modern, Tetapi ia memandang sebagai hal remeh. Pemilik bank yang membiayai sendiri karya besarnya, penerangan elektrik, sebagai pencipta telegraf, sebagai pembuat instrumen Telepon praktis dan pencipta gramafon yang bagus sekali. Lebih lagi mendapat banyak dukungan pekerjaan dari orang yang paling bertanggung jawab di lingkungannya layak disebut sebagai penemuan yang terbesar dari abad ke sembilan belas tentang metoda dari segala penemuan.

Sekian….

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: